follow us

3 Tren Bisnis Online di Tahun 2016 yang Wajib Anda Cermati

Met Live Good

























Minggu lalu saya diundang sebagai narasumber dalam salah satu acara talkshow di Metro TV. Tema diskusi yang ditayangkan dalam program televisi itu adalah tentang Tren Bisnis Online 2016.
Dalam acara yang disiarkan secara live itu, saya menyampaikan 3 dinamika bisnis online yang bakal mewarnai masa depan lansekap jagat internet di tanah air.
Apa saja tiga tren atau dinamika itu? Dan apa yang bisa kita pelajari darinya? Berikut semacam rangkuman extended version dari hasil wawancara saya di Metro TV.
Ranah online di tanah air memang terus bergemuruh sejalan dengan ledakan smartphone dan meluasnya layanan broadband internet. Tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesaia akan menembus 105 juta user. Sementara nilai perdagangan online atau ecommerce diperkirakan akan menembus angka Rp 300 triliun.
105 juta pengguna dan 300 triliun adalah pasar yang masif. Sudah pasti akan makin banyak online shops dan penyedia jasa layanan berbasis online bermekaran.
Namun ini dia : akan makin banyak juga para pelaku bisnis off-line yang melakukan promosi melalui internet (internet marketing). Penyedia produk dan jasa yang selama ini hanya menjual secara offline, pelan-pelan juga harus makin pandai memanfaatkan internet sebagai kanal promosinya.
Dalam prospek pertumbuhan seperti itu, saya mencatat ada tiga fenonema digital yang layak dicermati. Mari kita telisik satu demi satu..

Copraygh Bay M.Rizqon


You Might Also Like: